Mengenai Saya

Foto saya
Hidup itu Pilihan.. Antara Bahagia dan Sedih :)

Minggu, 18 Desember 2011

KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN (Tugas 3)

1. PENGERTIAN KOMUNIKASI
      Komunikasi atau communication berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'.
Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara
sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu
dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another).
      
      Pada awalnya komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi
pada organisme awal digunakan untuk reproduksi. Seiring dengan evolusi kehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit.

      Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, komunikasi transaktif, komunikasi bertujuan atau komunikasi tak bertujuan. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat di pahami oleh pihak lain. Akan tetapi komunikasi akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.

2. UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
    Dalam proses komunikasi ada tiga unsur yang mutlak harus dipenuhi karena merupakan suatu bentuk kesatuan yang utuh dan bulat. Bila salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak akan pernah terjadi. Dengan demikian, setiap unsur dalam komunikasi itu memiliki hubungan yang sangat erat dan saling ketergantungan satu dengan lainnya. Artinya keberhasilan komunikasi ditentukan oleh semua unsur tersebut. Unsur-unsur komunikasi yaitu:
      
        1.  Komunikator / pengirim / sender. Merupakan orang yang menyampaikan isi pernyataannya kepada
             komunikan. Komunikator bisa tunggal, kelompok atau organisasi pengirim berita. Komunikator
             bertanggung jawab dalam hal mengirim berita dengan jelas, memilih media yang cocok untuk
             menyampaikan pesan tersebut, dan meminta kejelasan apakah pesan telah diterima dengan baik.
             Untuk itu seorang komunikator dalam menyampaikan pesan atau informasi harus memperhatikan
             dengan siapa dia berkomunikasi, apa yang akan dia sampaikan, dan bagaimana cara
             menyampaikannya.
        2.  Komunikan / penerima / receiver. Merupakan penerima pesan atau berita yang disampaikan oleh
             komunikator. Dalam proses komunikasi, penerima pesan bertanggung jawab untuk dapat mengerti
             isi pesan yang disampaikan dengan baik dan benar. Penerima pesan juga memberikan umpan balik
             kepada pengirim pesan untuk memastikan bahwa pesan telah diterima dan dimengerti secara
             sempurna.
       3.   Saluran / media / channel. Merupakan saluran atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator
             kepada komunikan dan sebaliknya. Pesan dapat berupa kata-kata atau tulisan, tiruan, gambaran
             atau perantara lain yang dapat digunakan untuk mengirim melalui berbagai channel yang berbeda
             seperti telepon, televisi, fax, fotocopy, email, sandi morse, semaphore, sms, dan sebagainya.
             Pemilihan channel dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan
            (Wursanto, 1994).

3.  Menyalurkan Ide Melalui Komunikasi       
            Suatu hubungan komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi sangat penting dan dibutuhkan
karena dengan adanya komunikasi maka kita sebagai manusia bisa berhubungan dengan orang lain dan saling
bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan kita maupun seseorang dalam bekerja atau menjalani
kehidupan sehari - harinya.

       Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antara atasan bawahan perlu membicarakan komunikasi secara lebih terperinci dan mendalam mengenai pekerjaan yang dijalani. Dalam hal ini, perlu ada yang menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi yang harus di pertimbangkan terlebih dahulu, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil dan yang akan dilakukan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi. Disisi lain, akan tetapi dalam prakteknya proses komunikasi harus melalui tahapan-tahapan yang kadang-kadang agak sulit dijalankan. Berikut ini merupakan tahapannya :
      
       1. IDE (gagasan) : Pengirim
     2. PERUMUSAN : Ide si Pengirim disampaikan dalam kata-kata.
       3. PENYALURAN (transmitting) : Lisan, tertulis, mempergunakan symbol atau isyarat.
       4. TINDAKAN : Perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.
       5. PENGERTIAN : Kata-kata si Pengirim yang ada dalam perumusan tadi menjadi ide si Penerima.
       6. PENERIMAAN : Penerimaan ini diterima oleh si penerima berita (penangkap berita).
Dalam membina kerjasama dalam kelompok inilah yang nantinya digunakan dalam rangka membina koordinasi organisasi kesatuan gerak dan arah yang sesuai dengan arah dan tujuan organisasi. Pengambilan keputusan juga sangat memerlukan komunikasi yang setepat-tepatnya karena dalam akhir dari pengambilan keputusan tersebut hendaknya juga merupakan pencerminan dari adanya koordinasi dan kerjasama yang tercipta dalam lingkungan perusahaan atau lingkungan organisasi.

4. Hambatan-Hambatan Komunikasi
  
Banyak hambatan-hambatan yang kita lalui pada saat berkomunikasi, yaitu :
    1. Mendengar
        Biasanya kita mendengar apa yang ingin kita dengar. Banyak hal atau informasi yang ada disekeliling
        kita, namun tidak semua yang kita dengar dan tanggapi. Informasi yang menarik bagi kita, itulah yang
        ingin kita dengar.
    2. Mengabaikan informasi yang bertentangan dengan apa yang kita ketahui.
    3. Menilai sumber
        Kita cenderung menilai siapa yang memberikan informasi. Jika ada anak kecil yang memberikan
        informasi suatu hal, kita cenderung mengabaikannya.
    4. Persepsi yang berbeda. Komunikasi tidak akan berjalan efektif, jika persepsi si pengirim pesan tidak
        sama dengan si penerima pesan. Perbedaan ini bahkan bisa menimbulkan pertengkaran diantara
        pengirim dan si penerima pesan.
    5. Kata yang berarti lain bagi orang yang berbeda. Kita sering mendengar kata yang artinya tidak sesuai
        dengan pemahaman kita. Seseorang menyebut akan datang sebentar lagi, mempunyai arti yang berbeda
        bagi orang yang menanggapinya. Sebentar lagi bisa berarti satu menit, lima menit, setengah jam atau
        satu jam kemudian.
    6. Sinyal nonverbal yang tidak konsisten
        Gerak gerik ketika kita berkomunikasi - tidak melihat kepada lawan bicara, tetap dengan aktivitas kita
        pada saat ada yang berkomunikasi dengan kita, mempengaruhi proses komunikasi yang berlangsung.
    7. Pengaruh emosi
        Pada keadaan marah, seseorang akan kesulitan untuk menerima informasi apapun seperti berita atau
        informasi yang diberikan. Tidak akan diterima dan ditanggapi.
    8. Gangguan
        Gangguan itu berbagai macam hal bisa tiba-tiba kita kehilangan sinyal pada saat berkomunikasi jarak
        jauh atau tiba-tiba ada kecelakaan yang menimpa kita dan sebagainya.

5. Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi

 1. Dari segi sifatnya :
     a. Komunikasi Lisan
         Komunikasi jenis ini tergolong kepada komunikasi aktif, dimana komunikasi dapat memberikan timbal
         balik secara langsung apabila terjadi ketidakpahaman.
     b. Komunikasi Tertulis
         Komunikasi secara tertulis memang memberikan suatu dampak dimana komunikan akan merasa
         kesulitan dalam memahami maksud dan tujuan dari informasi itu, namun komunikasi ini mempunyai
         dampak yang lama. Dan apabila komunikan lupa dengan aoa yang telah di pelajari sebelumnya, maka
         ia dapat mengulangi membaca informasi tersebut. Komunikasi ini tergolong komunikasi tidak langsung,
         artinya apabila komunikan tidak paham terhadap materi tertulis tersebut, maka komunikan tidak dapat
         memberikan suatu umpan balik secara langsung namun dengan berkembangnya teknologi saat ini,
         maka meskipun komunikasi berjalan secara tidak langsung, namun umpan balik dapat diberikan 
         secara cepat baik melalui telepon, email, dll.
     c. Komunikasi Verbal
     d. Komunikasi Non Verbal
2. Menurut Keresmiannya :
     a. Komunikasi Formal
     b. Komunikasi Informal

a. Komunikasi Informal
    - Komunikasi Informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu
       organisasi.
    - Komunikasi Informal (The grapevine) biasanya disebarluaskan melalui desas desus atau kabar angin dari
       mulut ke mulut dari satu ke orang yang lainnya dalam suatu organisasi dimana kebenarannya tidak bisa
       dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.
    - Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seseorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini
      untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan (komunikasi formal ini jangan sampai
      mengakibatkan timbulnya desas desus yang meresahkan karyawan)

1. Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa :
    a. Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan
        kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
    b. Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur
        dengan baik , tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.
    c. Intonasi suara. akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya
        bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan
        hambatan dalam berkomunikasi.
    d. Humor. dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa
        dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik
        dan psikis harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
    e. Singkat dan jelas. Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada
        pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
    f.  Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti
        bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau
        memperhatikan apa yang disampaikan.
2. Komunikasi non Verbal
    Komunikasi non Verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal
    memberikan arti pada komunikasi verbal.
    Yang termasuk komunikasi non verbal :
    a. Eskpresi Wajah
        Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana
        emosi seseorang.
    b. Kontak mata, merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata
        selama berinteraksi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya
        dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata juga
        memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya.
    c. Sentuhan adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada
        komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional,
        kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
    d. Postur tubuh dan gaya berjalan. Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan
        ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan mereflesikan emosi, konsep diri, dan tingkat
        kesehatannya.
    e. Sound (Suara). Rintihan, menarik napas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan
        pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk
        komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
    f.  Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan. Menggunakan isyarat sebagai bagian
        total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukkan kaki atau menggerakkan tangan selama bicara
        menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress.


6. Faktor - Faktor Perubahan Organisasi
 A. Perubahan Organisasi
 Terjadi perubahan besar-besaran di dunia bisnis dari sektor komputer sampai jasa keuangan, dari sektor
 telekomunikasi sampai layanan kesehatan.
 Saat ini banyak organisasi sepakat bahwa kehidupan berorganisasi semakin menjadi tidak pasti, seiring
 dengan langkah perusahaan yang makin terpacu dan masa depan menjadi makin sulit diprediksi. Namun
 demikian semua sepakat perubahan semakin cepat terjadi.
 Dunia bisnis sedang dan akan terus mengalami perubahan yang makin cepat, walau arah perubahan tidak
 mudah diprediksi. Alhasil para manager dan pembuat keputusan perlu lebih memahami kemana angin
 perusahaan bertiup, karena setiap waktu dapat menentukan hidup matinya perusahaan. Dengan kata lain
 mereka mesti harus mampu menganalisa faktor-faktor pemicu perubahan organisasi.

  1. Pemicu Perubahan dari Lingkungan
      Unsur-Unsur lingkungan perusahaan
    a. Pasar yang dilayani perusahaan (klien atau konsumen)
    b. Pemasok
    c. Lembaga Pemerintah dan Parlemen
    d. Asosiasi niaga
    e. Pesaing
    f.  Lembaga Keuangan
    g. Pemasok Tenaga Kerja
    h. Tingkat Pengangguran
    i.  Kondisi Perekonomian
    j.  Kemajuan Teknologi
    k. Perkembangan Sistem Komputer dan Informasi
    l.  Perkembangan e-commerce dan penggunaan internet

Lingkungan sebuah perusahaan juga mencakup faktor-faktor pengaruh yang lebih luas lagi seperti:
 a. Globalisasi
 b. Reformasi Politik
 c. Serikat pekerja
 d. Perubahan status perusahaan dari milik negara menjadi swasta atau sebaliknya
 e. Perubahan demografis dan struktur keluarga

 2. Pengaruh PETS (Politik, Ekonomi, Teknologi dan Sosial)
 a. PETS mempengaruhi perusahaan pada strategi, struktur dan operasi termasuk kebijakan SDM
 b. PETS merupakan metafora agar kita bisa membedakan berbagai aspek lingkungan perusahaan dan
     kaitan spesifikasinya dengan perusahaan sebagai pemicu perubahan.

 3. Pemicu Perubahan dari Lingkungan Teknologi
 a. Bersumber pada sikap mengacuhkan perubahan lingkungan teknologi ( contoh : Singer, Oliveti )
 b. Internet merupakan faktor terpenting dan menyentuh hampir semua aspek operasional perusahaan
 c. Penggunaan internet bukannya tanpa masalah, karena staf menggunakan e-mail dan internet di tempat
     kerja mencemaskan para atasan sebab pengunaan e-mail menyimpang dari pekerjaannya.

 4. Pemicu Perubahan dari Lingkungan Politik
 a. Perubahan lingkungan politik tidak saja langsung mempengaruhi perusahaan, tetapi juga berimbas pada
     perubahan lingkungan ekonomi.
 b. BBM naik daya beli masyarakat rendah.
 c. BBM turun akan memperngaruhi penerimaan pajak dan dampak negatifnya kemampuan pemerintah
     dalam pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan berkurang.

 5. Pemicu Perubahan dari Lingkungan Sosial Budaya
 a. Harapan kenaikan standar hidup secara terus menerus sementara peluang pekerjaan permanen yang
     aman makin langka.
 b. Faktor demografis membuat berlimpahnya jumlah kamu muda memasuki pasar kerja.
 c. Perubahan struktur keluarga dimana kaum perempuan juga berharap dapat meniti karier seperti layaknya
     suami mereka.
Perusahaan juga dituntut meningkatkan perhatian pada aspek kreatifitas karyawan dengan melakukan
penataan sistem untuk mendorong inovasi.

6. Pemicu Perubahan dari Lingkungan Ekonomi
a. Pesaing
b. Kurs mata uang
c. Pajak
d. Perijinan
e. Standar Gaji Minimum

7. Pemicu Perubahan Internal
 a. Serikat buruh yang makin berpengaruh
 b. Pergantian direktur atau manager
 c. Perubahan struktur administrasi
 d. Penataan kelompok kerja
 e. Perubahan tata ruang kantor / pabrik
 f. Pembelian sistem TI baru
 g. Strategi pemasaran baru
 h. Pemotongan lembur
 i.  Perampingan staf
 j.  Penguatan bagian tertentu seperti riset dan pengembangan

B. Respon Perusahaan terhadap Perubahan

1. Perkembangan historis yang membawa perubahan :
a. Secara umum, melalui siklus inovasi berbasis industri yang menggerakkan perusahaan melalui serentetan
    perkembangan penting
b. Secara lebih spesifik, melalui daur hidup perusahaan itu sendiri, yang tercermin pada sejarah khas
    perusahaan dari sejak organisasi berdiri hingga periode eskpansi dan penurunan yang berguna dalam
    menjelaskan "kekhasan" strategi dan struktur, budaya, politik dan gaya kepemimpinan yang berlaku pada
    perusahaan tersebut.

2. Lingkungan Eksternal
a. Lingkungan politik
b. Hukum
c. Ekonomi
d. Teknologi
e. Sosial Budaya (PETS)

3. Lingkungan Internal
    Perusahaan yang mencakup perubahan-perubahan organisasi berupa respon awal terhadap perubahan
    lingkungan eksternal dan temporal.

7. Ciri-Ciri Pengembangan Organisasi
 Suatu strategi pendidikan yang kompleks yang dimaksudkan untuk mengubah keyakinan, sikap, nilai dan
 struktur organisasi sehingga mereka dapat lebih beradaptasi dengan teknologi baru, pemasaran dan
 tantangan, dan tingkat yang memusingkan perubahan itu sendiri. Maka Pengembangan organisasi yang
 efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
 1. Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas
     berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
 2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
 3. Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua
     satuan kerja dalam organisasi.
 4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
 5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi
     dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
 6. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
 Bila selama ini kita hanya mengenal oembelajaran pada tingkat individu dan kelompok, maka perkembangan
 manajemen telah mengenal pembelajaran organisasi (learning organization), yang secara sederhana dapat
 diartikan sebagai : organisasi yang secara terus menerus melakukan perubahan diri agar dapat mengelola
 pengetahuan lebih baik lagi, memanfaatkan teknologi, memberdayakan sumber daya, dan memperluas
 area belajarnya agar mampu bertahan di lingkungan yang selalu berubah.

8. Metode Perubahan dan Pengembangan Organisasi
Ada berbagai teknik yang dirancang para ahli, dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi
serta berkerja secara efektif, antar-individu maupun antar-kelompok dalam organisasi. Beberapa teknik
yang sering digunakan berikut ini :
1. Sensitivity training, merupakan teknik OD yang pertama diperkenalkan dan dahulu paling sering digunakan
    Teknik ini sering di sebut juga T-group. Dalam kelompok-kelompok T (singkatan training) yang masing-
    masing terdiri atas 6-10 peserta, pemimpin kelompok (terlatih) membimbing peserta meningkatkan
    kepekaan (sensitivity) terhadap orang lain, serta keterampilan dalam hubungan antar-pribadi.
2. Team Building, adalah pendekatan yang bertujuan memperdalam efektivitas serta kepuasan tiap individu
    dalam kelompok kerjanya atau tim. Teknik team building sangat membantu meningkatkan kerjasama
    dalam tim yang menangani proyek dan organisasinya bersifat matriks.
3. Survey feedback, Dalam teknik survey feedback. Tiap peserta diminta menjawab kuisioner yang
    dimaksud untuk mengukur persepsi serta sikap mereka (misalnya persepsi tentang kepuasan kerja
    dan gaya kepemimpinan mereka). Hasil survey ini di umpamabalikkan pada setiap peserta, termasuk
    pada para penyelia dan manajer yang terlibat. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan kuliah atau
    lokalkarya yang mengevaluasi hasil keseluruhan dan mengusulkan perbaikan konstruktif.
4. Transcational Analysis (TA). TA berkonsentrasi pada gaya komunikasi antar-individu. TA mengajarkan
    cara menyampaikan pesan yang jelas dan bertanggung jawab, serta cara menjawab yang wajar dan
    menyenangkan. TA dimaksudkan untuk mengurangi kebiasaan komunikasi yang buruk dan menyesatkan.
5. Intergroup activities, Fokus dalam teknik intergroup activities adalah peningkatan hubungan baik antar-
    kelompok. yang membentuk kesatuan organisasi, menimbulkan banyak masalah dalam koordinasi.
    Intergroup activities dirancang untuk meningkatkan kerjasama atau memecahkan konflik yang mungkin
    timbul akibat saling ketergantungan.
6. Proses Consultation. Dalam Process consultation, konsultan OD mengamati komunikasi, pola
    pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan, metode kerjasama, dan pemecahan konflik dalam tiap unit
    organisasi. Konsultan kemudian memberikan umpan balik pada semua pihak yang terlibat tentang proses
    yang telah diamatinya, serta menganjurkan tindakan koreksi.
7. Grip OD. Pendekatan grip pada pengembangan organisasi didasarkan pada konsep managerial grip
    yang diperkenalkan oleh Robert Blake dan Jane Mouton. Konsep ini mengevaluasi gaya kepemimpinan
    mereka yang kurang efektif menjadi gaya kepemimpinan yang ideal, yang berorientasi maksimum pada
    aspek manusia maupun aspek produksi.
8. Third-party peacemaking. Dalam menerapkan teknik ini, konsultan OD berperan sebagai pihak ketiga
    yang memanfaatkan berbagai cara menengahi sengketa, serta berbagai teknik negosiasi untuk 
    memecahkan persoalan atau konflik antar-individu dan kelompok.

9. Pengertian Kepemimpinan
 Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya 
 dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya
 dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin atau praktisi. Dalam
 hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari perannya memberikan pengajaran/intruksi.

10. Tipe-Tipe Kepemimpinan
 1. Tipe Kepemimpinan Demokratis
     Kepemimpinan demokratis berorientasi pada manusia dan memberikan bimbingan yang efisien kepada
     para pengikutnya. Terdapat koordinasi pekerjaan pada semua bawahan dengan penekanan pada rasa 
     tanggung jawab internal (pada diri sendiri) dan kerjasamanya yang baik. kekuatan kepemimpinan 
     demokratis tidak terletak pada pemimpinnya akan tetapi terletak pada partisipasi aktif dari setiap warga
     kelompok. Kepemimpinan demokratis mengahrgai potensi setiap individu, mau mendengarkan nasehat
     dan sugesti bawahan.

 2. Tipe Kepemimpinan Kharismatis
      Tipe kepemimpinan kharismatis memiliki kekuatan energi, daya tarik dan pembawaan yang luar biasa
      untuk mempengaruhi orang lain, sehingga ia mempunyai pengikut yang sangat besar jumlahnya dan
      pengawal-pengawal yang bisa dipercaya. Kepemimpinan kharismatik dianggap memiliki kekuatan ghaib
      (Supernatural power) dan kemampuan-kemampuan yang superhuman, yang diperolehnya sebagai
      karunia Yang Maha Kuasa. Kepemimpinan Kharismatik memiliki inspirasi, kebearanian dan 
      berkeyakinan teguh pada pendiriannya sendiri. Totalitas kepemimpinan kharismatik memancarkan 
      pengaruh dan daya tarik yang amat besar.
  
  3. Tipe Kepemimpinan Administratif ialah kepemimpinan yang mampu menyelenggarakan tugas-tugas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar